Home » Gaya Hidup » Kupas Kulit Apel Sebelum Mengkonsumsinya

Kupas Kulit Apel Sebelum Mengkonsumsinya



Jakarta โ€“ Walaupun dari pihak pemerintah telah memastikan bahwa dua jenis apel impor Granny Smith dan Gala dari packing house Bidart Bros sudah tidak dapat beredar di Indonesia, namun sepertinya beberapa kekhawatiran masih terjadi.

Kupas Kulit Apel Sebelum Mengkonsumsinya

Ketika ditemui wartawan sisidunia, Sabtu (31/1/2015), Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Roy Sparringa mengungkapkan bahwa untuk saat ini masyarakat tidak perlu cemas. Karena pihaknya telah mengumpulkan stakeholder dari tiga pihak, Kementan, Kemendag, dan BPOM.

Dimana semuanya sudah sepakat bahwa keracunan apel yang terjadi di Amerika, sudah clear karena packing house Bidart Bros sudah tidak beredar di Indonesia. Terkait keracunan apel itu, Kementan dan Kemendag langsung bertindak dengan cara memperketat impor apel khususnya dari Amerika Serikat.

Saat ini semua apel impor yang berasal dari Amerika sudah diuji coba dan belum ada yang mengandung bakteri listeria monocytogenes. Walaupun demikian, masyarakat diharapkan tetap waspada. Jika ditemukan bakteri, bersiap untuk menguji apel tersebut.

Roy juga memerintahkan untuk semua balai besar POM yang tersebar di 32 provinsi bersama dengan aparat bersiap untuk mengawasi peredaran apel import tersebut. Disarankan sebelum mengkonsumsi apel dicuci dengan bersih dan dikupas kulitnya, sebelum memakannya. Pada saat mencuci apel, gunakan air yang mengalir agar bakteri listeria monocytogenes dapat hilang. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)