Home » News » Berita Politik: Presiden Dihadapkan Tiga Konflik Permasalahan

Berita Politik: Presiden Dihadapkan Tiga Konflik Permasalahan



Jakarta โ€“ Dalam 100 hari pemerintahan Presiden Jokowi-JK, pengamat Politik Arbi Sanit mengungkapkan bahwa saat ini langkah Jokowi dihadang tiga level konflik. Ketiga konflik tersebut adalah konflik hukum, konflik antar golongan dan konflik konstitusi.

Presiden Dihadapkan Tiga Konflik Permasalahan

Ketika ditemui wartawan sisidunia, Sabtu (31/1/2015), Arbi mengungkapkan bahwa dari ketiga konflik yang membelit yang paling pelik adalah konflik hukum. Terlebih calon tunggal Kapolri Komjen Budi Gunawan serta status hukum dari Bambang Widjojanto. Ditambah lagi adanya konflik kepentingan diantara Ketua KPK Abraham Samad dengan Plt Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Sedangkan untuk konflik antar golongan, terjadi perebutan diantara politikus dan nonpolitikus. Untuk konflik nonpolitikus terlihat saat ini sepertinya Presiden Jokowi seolah-olah sedang melakukan perlawan dengan partai pengusungnya.

Saat ini dirasa langkah Presiden terbelenggu dengan partainya sendiri. Dikhawatirkan oleh Arbi sepertinya Jokowi akan dilemahkan, hal ini dikarenakan posisinya saat ini sebagai nonpolitikus. Karena sebenarnya Jokowi tidak memiliki Partai dan ia bukan seorang politikus, namun ia diajukan sebagai Presiden.

Untuk konflik yang ketiga adalah konflik konstitusi, dimana terjadi perselisihan diantara presiden dengan parlemen. Dimana sepertinya posisi Presiden bisa jadi terancam jika ia memiliki banyak masalah dengan parlemen. Sehingga seharusnya Presiden memiliki kekuatan sehingga tidak sulit baginya untuk melakukan perlawanan dengan parlemen.

Walaupun sudah diketahui public ia memiliki andalan selalu blusukan ke rakyat, namun ia tidak memiliki power. Karena ia tidak mempunyai partai yang dijadikan sumber kekuatan, ungkap Arbi. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)