Home » News » Berita Politik: Jokowi Sepertinya Tidak Akan Lantik BG

Berita Politik: Jokowi Sepertinya Tidak Akan Lantik BG



Jakarta โ€“ Sepertinya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik atas saran yang diberikan oleh Tim Independen alias Tim 9, berkaitan dengan dilantik atau tidak nya Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai Kapolri serta penyelesaian atas persengketaan antara Polri dan KPK.

Berita Politik: Jokowi Sepertinya Tidak Akan Lantik BG

Seperti yang dikutip dari website Sekretariat Kabinet, Kamis (29/1/2015), Wakil Ketua Tim 9, Jimly Asshiddiqie, mengungkap bahwa Jokowi sangat antusias dengan saran dan masukan dari Tim 9. Namun saat ini masukan tersebut bukan untuk konsumsi publik.

Walaupun demikian Jimly Asshiddiqie memberikan butir-butir pernyataan dari Tim Independen, sebagai berikut:
Bahwa Tim Konsultatif Independen yang memang sudah diinstruksikan oleh Presiden akan menjadi mitra yang siap memberikan masukan kepada Presiden terkait perselisihan yang terjadi diantara lembaga penegak hokum, pada abu (28/1) diundang Presiden memberikan masukan sebagai berikut:

1. Presiden seharusnya memberikan kepastian kepada siapa saja penegak hukum yang memiliki status sebagai tersangka, agar dapat mengundurkan diri dari jabatannya, atau dengan kata lain tidak menduduki jabatan selama berstatus sebagai tersangka. Hal ini tidak lain bertujuan untuk menjaga marwah institusi penegak hukum baik Polri maupun KPK.
2. Presiden seharusnya tidak melantik Kapolri yang menyandang status tersangka, untuk kemudian dapat mempertimbangkan kembali nama calon baru Kapolri agar institusi Polri dapat segera memiliki Kapolri yang definitif.
3. Presiden seyogyanya dapat menghentikan semua upaya yang diduga sebagai bentuk kriminalisasi kepada personil penegak hukum siapapun, baik Polri maupun KPK dan masyarakat pada umumnya.
4. Presiden seyogyanya memerintahkan Polri maupun KPK untuk menegakkan kode etik terhadap pelanggaran etika profesi yang diduga dilakukan oleh personil Polri maupun KPK.
5. Presiden agar dapat menegaskan kembali komitment untuk memberantas korupsi dan penegakkan hukum sesuai harapan masyarakat luas.
(Rindi Ayunda – sisidunia.com)