Home » News » Lukas Enembe Ingin Freeport Bangun Smelter di Papua

Lukas Enembe Ingin Freeport Bangun Smelter di Papua



Jakarta – Lukas Enembe yang merupakan Gubernur Papua memberikan pernyataan tegas meminta pihak PT Freeport Indonesia untuk membangun tempat pengolah bahan mineral atau smelter diwilayahnya, bukan didaerah lain. Dan jika hal itu tidak dilakukan, maka pihaknya akan membangun sendiri smelter terkait.

Lukas Enembe Ingin Freeport Bangun Smelter di Papua

Gubernur Papua Lukas Enembe turut menegaskan masyarakat setempat telah tegas menolak rencana pihak PT Freeport Indonesia yang ingin membangun smelter di Gresik, Jawa Timur. “Masyarakat Papua menolak pembangunan smelter Freeport di Gresik Jawa Timur sementara bahan mentah dari Papua,” terangnya, Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (29/01/2015) malam.

Keinginan masyarakat itupun diakui juga disepakati oleh dirinya beserta para Bupati setempat karena pembangunan smelter di Papua diyakini dapat membuat wilayah terkait menjadi lebih maju terlebih terdapat lahan begitu luas diarea tersebut dan bahannya pun berasal dari Papua.

“Kapan Papua akan maju? Kalau Freeport tidak mau membangun smelter, maka kami akan membangun sendiri. Dan nanti investor dari manapun harus menggunakan smelter milik Provinsi Papua,” ujar Gubernur Papua Lukas Enembe secara tegas dalam keterangannya. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)