Home » News » Berita Politik: Jokowi Menjalankan Politik Balas Budi

Berita Politik: Jokowi Menjalankan Politik Balas Budi



Jakarta –Adanya kericuhan politik yang sedang terjadi di Indonesia menurut Ketua Umum Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FHUI) Melli Darsa dikarenakan adanya sikap Presiden Joko Widodo yang menggadaikan beberapa jabatan-jabatan strategis untuk memenuhi traksaksi politik dan balas budi.

Berita Politik: Jokowi Menjalankan Politik Balas Budi

Dalam keterangan pers di acara jumpa pers “100 hari Pemerintahan Jokowi-JK” di Menara Standard Chartered Lt.19, Jakarta, Minggu (25/1), Delli mengungkapkan bahwa saat ini hubungan antara Polri vs Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) semakin memburuk.

Sebagai contoh untuk pelaksanaan hak prerogratif, penunjukkan atas Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly, Jaksa Agung Prasetyo maupun calon Kapolri Komjen Budi Gunawan sepertinya merupakan nama-nama pesanan.

Bahkan sepertinya untuk jabatan di bidang hukum (Menkum dan HAM, Jaksa Agung, Kapolri) suasanya sangat kental dengan suasana ‘imbalan’ yang berkaitan dengan pencalonan Jokowi sebagai Presiden. Oleh karena itu, dirinya mengharapkan agar Presiden Jokowi dapat melepaskan diri dari belenggu politik yang selama ini mendistorsi hak-haknya pada saat pengangkat pejabat negara terutama di bidang hukum.

Lebih baik Jokowi dapat membuka diri agar mau mendengarkan masukan dari beberapa elemen yang berasal dari luar. Sehingga pandangan presiden dalam mengambil kebijakan lebih luas tanpa adanya belenggu dari berbagai pihak. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)