Home » News » Yakin kasusnya fiktif, BW Mengundurkan Diri Sementara Dari KPK

Yakin kasusnya fiktif, BW Mengundurkan Diri Sementara Dari KPK



Jakarta – Setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kabareskrim Polri dalam kasus pemberian keterangan palsu dalam sengketa Pilkada Kotawaringin Barat tahun 2010 lalu, Bambang Widjojanto (BW) hari ini resmi mengajukan pengundurkan diri sebagai wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Walau mengundurkan diri, BW berkeyakinan jika kasus nya ini fiktif belaka. ”Saya meyakini kasus diada-adakan, karena kasusnya fiktif,” jelas Bambang Widjojanto ketika memberikan keterangan pers di kantor KPK, Kuningan, Jakarta, senin (26/1/2015).

Yakin kasusnya fiktif, BW Mengundurkan Diri Sementara Dari KPK

Menurutnya, keputusan pengunduran diri ini semata-mata demi konstitusi yang mengharuskan seorang tersangka mundur dari jabatan nya jika menyandang tersangka. ”Sesuai UU Pemberantasan Korupsi pasal 32 ayat 2, bilamana seorang pimpinan KPK dinyatakan sebagai tersangka, maka akan diberhentikan sementara. Saya tunduk pada konstitusi dan ini dilakukan demi kemaslahatan publik,” tambahnya.

”Saya akan menunggu keputusan pimpinan lainnya. Tapi, saya akan melakukan yang terbaik karena pemberantasan korupsi tidak akan bisa dibungkam hanya dengan kasus yang diada-adakan. Dan saya siap menjalani proses hukum selanjutnya,” imbuhnya.

Disinggung soal akan melaporkan balik kepada Sugiarto Sabran selaku pelapor dalam kasus ini, BM memengaskan jika perkara ini sepenuhnya telah diserahkan kepada kuasa hukumnya. Dan pengunduran dirinya ini merupakan bentuk dari tanggung jawabnya.

”Saya mencoba jadi pemimpin yang baik dan berani mengambil risiko dari apapun yang saya kerjakan,” tutupnya. (Moch Asnan – www.sisidunia.com)