Home » News » Menteri Susi Waspadai Kapal Asing Berkedok Bendera Indonesia

Menteri Susi Waspadai Kapal Asing Berkedok Bendera Indonesia



Jakarta – Modus pencurian ikan di perairan Indonesia dengan memakai modus Bendera Indonesia, oleh sebab itu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti akan terus mengawasi kapal kapal asing. Menurut Susi, biasanya dalam kapal tersebut hanya ada satu atau dua orang Indonesia saja dan selebihnya ada orang asing didalam nya.

“Saya tidak ingin salahkan siapa pun juga, karena angkatan laut tahunya itu bendera Indonesia. Modusnya ada satu atau dua orang Indonesia,tetapi ternyata ada orang asingnya,” jelas Menteri KKP Susi Pudjiastuti di Jakarta, pada Senin (26/1/2015).

Menteri Susi Waspadai Kapal Asing Berkedok Bendera Indonesia

“Memang kemarin ada wacana Kementerian Perhubungan menghibahkan beberapa kapal, kalau mau menghibahkan lantas kita kerja apa. Karena sepertinya Bakamla, harus memiliki anggaran yang lebih tinggi untuk pengawasan laut,” tambahnya.

Walaupun keterbatasan personel dalam melakukan pengawasan di kelautan, namun Menteri Susi menekankan untuk memperketat pengawasan, dengan demikian bisa memberikan efek jera bagi si pelaku pencurian ikan di kelautan Indonesia oleh kapal kapal asing.

“Pengawasan harus diperketat,kita semua menyadari jauh dari kemampuan kita.Karena,misalnya TNI kita punya 70 kapal tetapi yang bisa jalan hanya 12 kapal, POLRI 400 kapal yang bisa jalan hanya beberapa kapal.Serta mungkin dapat diberlakukan penenggelaman kapal diseret ke wilayah selatan pantai Jawa,” tutupnya. (Moch Asnan – www.sisidunia.com)