Home » News » Kim Jong-un Akan ke Indonesia Hadiri Peringatan Konferensi Asia Afrika

Kim Jong-un Akan ke Indonesia Hadiri Peringatan Konferensi Asia Afrika



Jakarta – Indonesia kemungkinan besar akan menjadi negara pertama yang dikunjungi pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. Pemimpin Korea Utara tersebut dikabarkan bakal menghadiri peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) yang dijadwalkan berlangsung pada April 2015 di Jakarta dan Bandung. Kabar itu sendiri mencuat setelah pejabat pemerintah Korea Selatan berkoar lewat kantor berita Yonhap, Minggu (25/1).

Kim Jong-un Akan ke Indonesia Hadiri Peringatan Konferensi Asia Afrika

Seperti dilansir dari Yonhapnews (Minggu, 25/1/2015), jika hal ini terealisasi maka kunjungan Kim ke Indonesia akan menjadi debut kunjungan luar negerinya, karena sejak dilantik pada akhir tahun 2011 silam, putra Kim Jong-un tersebut belum pernah melakukan kunjungan ke luar negeri.

Menurut pernyataan seorang pejabat Korea Selatan, KAA menjadi pertemuan diplomatik yang dianggap penting oleh Kim Jong-un. Sekedar info, pendiri Korea Utara, Kim Il-Sung yang merupakan kakek Kim Jong-un, hadir dalam peringatan sepuluh tahun Konferensi Asia Afrika. Saat itu Kim Il-Sung datang bersama ayah Kim Jong-un.

Karena Kim Jong-Un menjadikan kakeknya sebagai ‘role model’, ia pun menganggap pertemuan KAA merupakan pertemuan yang penting. Dalam kabar tersebut juga menyebutkan bahwa kemungkinan Kim Jong-Un akan hadir dalam peringatan KAA yang digelar di Jakarta pada 22-23 April dan dilanjutkan acara puncak di Bandung pada 24 April mendatang. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)