Home » News » Presiden Jokowi Berharap Proses Hukum & KPK Berjalan Transparan

Presiden Jokowi Berharap Proses Hukum & KPK Berjalan Transparan



Jakarta – Ketegangan antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Polri memantik reaksi berbagai kalangan, sehingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan instruksi agar keduanya menjalankan tugasnya masing-masing secara terbuka, KPK saat ini menetapkan calon tunggal Kapolri Budi Gunawan sebagai tersangka begitu juga dengan Kabareskrim yang telah menetapkan wakil ketua KPK Bambang Widjojanto walau akhirnya dilepas tadi pagi.

“Terkai dengan proses hukum yang ada baik di KPK maupun Polri semuanya harus berani membuat itu terang benderang. Masyarakat itu pembaca yang benar, terbuka terang benderang, karena itu prosesnya harus transparan, harus tuntas,” jelas Presiden Jokowi saat wawancara ekslusif yang disiarkan langsung di Kompas TV, Minggu (24/1/2015).

Presiden Jokowi Berharap Proses Hukum & KPK Berjalan Transparan

Presiden juga menegaskan, pihaknya telah memanggil kedua belah pihak baik Pelaksana Tugas Kapolri Komjen Badrodin Haiti dan Ketua KPK Abraham Samad di Istana Negara Bogor. Kedua petinggi ini juga telah berjanji akan menjalankan tugasnya tanpa ada gesekan antar instansi.

Polemik ketegangan ini bermula ketika Budi Gunawan ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK sehingga Presiden menunda pelantikan nya menjadi Kapolri, sedangkan Polri menangkap komisioner KPK Bambang Widjojanto usai mengantar anaknya jumat kemarin, namun penangkapan ini mendapat sorotan tajam dari masyarakat karena dinilai sebagai bentuk pelemahan terhadap KPK. (Moch Asnan – www.sisidunia.com)