Home » News » Berita Pilkada: Pilkada Langsung Sudah Dapat Digelar Tahun Ini

Berita Pilkada: Pilkada Langsung Sudah Dapat Digelar Tahun Ini



Bogor โ€“ Pada tahun ini, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menygungkapkan bahwa Perppu No 1/2004 yang berisikan tentang Pilkada dan juga Perppu No 2/2014 mengenai Pemerintah Daerah menjadi Undang Undang otomatis 204 pilkada langsung sudah dapat dilaksanakan pada tahun ini.

Pilkada Langsung Sudah Dapat Digelar Tahun Ini

Hal ini disampaikan oleh Tjahjo pada saat membuka rapat koordinasi bupati wilayah Sumatra dengan Presiden Joko Widodo bertempat di Istana Bogor, Kamis (22/1/2015). Bahwa tahun ini ada 204 pilkada langsung yang meliputi 8 Pilkada Provinsi dan 196 Pilkada Kabupaten/Kota.

Berdasarkan hasil raker Kemendagri bersama dengan Komisi II dan paripurna DPR RI telah disetujui Perppu nomor 1 dan nomor 2 tahun 2014. Dengan demikian 2015 ini akan dilaksanakan pilkada langsung yang akan diikuti oleh 204 Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Namun berkaitan dengan tata cara, jadwal dan paket pasangan calon kepala daerah, DPR masih menginginkan adanya beberapa revisi. Sebagai contoh untuk calon yang memiliki ikatan darah dengan petahana, tahapan pelaksanaan, penyelesaian sengketa serta dampak pilkada serentak akan direvisi.

Adanya revisi ini, diharapkan dapat selesai sebelum masa sidang II berakhir. Sebagai informasi bahwa sebelumnya Ketua DPR Setya Novanto menginginkan agar semua fraksi dapat mempercepat revisi mengingat waktunya cukup pendek dan mendesak. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)