Home » Ekonomi & Bisnis » Pasar Saham AS Naik Tipis Dipicu Oleh Stimulus Yang Dikeluarkan Bank Sentral Eropa

Pasar Saham AS Naik Tipis Dipicu Oleh Stimulus Yang Dikeluarkan Bank Sentral Eropa



New York – pasar saham Amerika serikat naik tipis pada penutupan perdagangan. Kenaikan tersebut dipicu oleh investor yang menerima laporan stimulus baru jika Bank Sentral Eropa akan mengumumkan kebijakannya.

Pasar Saham AS Naik Tipis Dipicu Oleh Stimulus Yang Dikeluarkan Bank Sentral Eropa

Dikutip dari Reuters Kamis (22/1/2015) indeks Dow Jones Industrial Average naik 39,05 poin atau 0,22 persen ke level 17.554,28 poin, indeks S&P 500 naik 9,57 poin atau 0,47 persen ke posisi 2.032,12 dan indeks Nasdaq Composite naik 12,58 poin ke level 4.667,42. Pelaku pasar saat ini mencari tindakan yang agersif dari bank sentral, khususunya Bank Sentral Eropa (ECB) untuk mengurangi resiko deflasi dan melemahnya ekonomi zona eropa.

Dewan Eksekutif ECB telah emngusulkan sebuah program yang memungkinkan bank membeli 50 miliar Euro obligasi per bulan mulai bulan maret mendatang. Rencananya, Presiden ECB Mario Draghi akan menyampaikan hal tersebut kepada awak media besok. Sementara itu pasar saham Amerika Serikat mendapat manfaat dari program tersebut untuk mendukung ekonomi zona euro karena Eropa merupak salah satu mitra bisnis dagang paling penting. (fauji nur – sisidunia.com)