Home » News » Kecelakaan Air Asia: Basarnas Rencanakan Angkat Badan Pesawat Air Asia QZ8501

Kecelakaan Air Asia: Basarnas Rencanakan Angkat Badan Pesawat Air Asia QZ8501



Jakarta – Posisi potongan badan pesawat Air Asia QZ8501 yang sudah berhasil ditemukan kini sedang diusahakan oleh pihak Basarnas akan diangkat. Rencananya pengangkatan badan pesawat akan menggunakan tujuh unit lifting bag atau kantong udara.

Kecelakaan Air Asia: Basarnas Rencanakan Angkat Badan Pesawat Air Asia QZ8501

Ketika ditemui wartawan sisidunia, Senin (19/1/2015), dari penuturan Direktur Operasional Badan SAR Nasional Marsekal Pertama TNI S.B. Supriyadi, bahwa tim penyelam yang berasal dari tim gabungan TNI AL dan juga Basarnas sedang melakukan penyelaman terlebih dahulu dengan tujuan untuk mempelajari posisi badan pesawat serta sedang mencari beberapa kemungkinan jika sepertinya masih ada jenazah yang masih terperangkap di badan pesawat.

Jika nantinya datanya sudah berhasil dikumpulkan oleh tim penyelam, maka dapat diperkirakan berat badan pesawat. Baru langkah selanjutnya pemasangan lifting bag. Pada minggu kemarin sudah ada pergantian tim penyelam sebanyak 12 orang dari kelompok Indonesia Divers, ungkap Supriyadi di posko utama Lanud Iskandar, Pangkalan Bun.

Sebagaimana yang dikabarkan sebelumya bahwa badan pesawat Air Asia QZ 8501 berhasil ditemukan tepatnya pada Rabu sore ini (14/01) oleh Kapal Angkatan Laut Singapura. Kepastiannya diungkapkan oleh Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen.

Dimana untuk proses pencarian bangkai pesawat dibantu dengan menggunakan  remotely operated vehicle (ROV)  dan akhirnya berhasil menemukan badan pesawat Air Asia. Bahkan kapal selam nirawak ROV berhasil mengambil beberapa gambar badan pesawat melalui kamera, yang nantinya digunakan dipakai sebagai bukti. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)