Home » News » Tarif Angkutan Umum DKI Jakarta Akan Dirapatkan Besok

Tarif Angkutan Umum DKI Jakarta Akan Dirapatkan Besok



Jakarta โ€“ Hingga kini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih belum mengeluarkan kebijakan baru terkait tarif angkutan umum sebagai respon akan turunnya harga bahan bakar minyak jenis premium dan solar. Senin (19/1) esok rencananya Pemprov DKI Jakarta bersama dengan Organisasi Angkutan Daerah (Organda) akan merapatkan hal tersebut.

Tarif Angkutan Umum DKI Jakarta Akan Dirapatkan Besok

Saat dijumpai tim SisiDunia (Minggu, 18/1/2015), Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih akrab disapa Ahok mengungkapkan pihaknya akan merapatkan soal tarif angkutan dengan Organda terlebih dahulu sebelum mengeluarkan kebijakan baru.

Menurut Ahok, sebenarnya banyak alternatif yang dapat diambil untuk mengakali fluktuasi harga BBM yang tentunya akan berdampak pada tarif angkutan umum yang berlaku. Salah satunya adalah dengan memberi subsidi kepada armada bus yang bernaung di bawah manajemen pemerintah. Persoalannya adalah saat ini pemerintah masih kekurangan armada bus yang beroperasi.

Nantinya jika bus Transjakarta sudah lebih mencukupi, Ahok melanjutkan bahwa tarifnya akan dipatenkan di kisaran Rp. 3.000-4.500. Jika perusahaan angkutan umum lain tak ingin merugi dengan tariff tersebut maka dapat ditawarkan untuk bergabung di bawah naungan manajemen PT. Transjakarta. Solusi tersebut diyakini Ahok dapat diterima masyarakat, karena angkutan umum di bawah manajemen Transjakarta relatif memiliki tarif lebih jelas dan tingkat kenyamanan yang lebih baik dibandingkan angkutan umum lainnya. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)