Home » News » Senin Harga Elpiji 12 Kg Juga Turun

Senin Harga Elpiji 12 Kg Juga Turun



Jakarta – Selain BBM jenis Premium dan Solar, pemerintah juga telah mengumumkan penurunan harga elpiji 12 kg dari yang sebelumnya Rp. 134.700 menjadi Rp. 129.000 per tabung atau sebesar Rp. 5.700. Harga baru tersebut akan mulai diberlakukan mulai besok, Senin (19/1).

Senin Harga Elpiji 12 Kg Juga Turun

Berdasarkan pengamatan tim SisiDunia (Minggu, 18/1/2015), walaupun mengalami penurunan harga pihak Pertamina mengaku masih meraup keuntungan tipis sekitar Rp. 500 per kg, seperti diungkapkan oleh VP Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir.

Walaupun keuntungan yang didapat dari penjualan Elpiji 12 kg per tabung tidak terlalu besar, Pertamina tampaknya tidak terlalu khawatir, asal tahun ini tidak mengalami kerugian besar seperti tahun lalu. Kebijakan menurunkan harga Elpiji 12 Kg juga sebagai salah satu bukti nyata upaya pemerintah untuk menurunkan harga komoditas di pasaran.

Namun tampaknya kebijakan pemerintah untuk menurunkan harga gas Elpiji 12 kg tidak akan berpengaruh terlalu banyak bagi masyarakat umum, karena mayoritas konsumen tampaknya enggan beralih kembali menggunakan elpiji 12 kg dan masih akan tetap memburu gas elpiji bersubsidi 3 kg.

Sebelumnya pada Jumat (16/1) lalu Presiden Joko Widodo telah mengumumkan penurunan harga BBM, gas elpiji non-subsidi 12 kg, dan semen buatan PT. Semen Indonesia Tbk. Penurunan harga tersebut akan mulai efektif diberlakukan terhitung Senin (19/1) esok. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)