Home » News » Konflik Ukraina: Bentrok Kembali Memanas di Ukraina Timur

Konflik Ukraina: Bentrok Kembali Memanas di Ukraina Timur



Kiev โ€“ Sedikitnya 11 nyawa melayang akibat bentrok antara pasukan pemerintah dengan pasukan pemberontak yang kembali terjadi di wilayah Ukraina Timur. Bahkan menurut Presiden Ukraina, Petro Poroshenko, pertempuran kali ini merupakan yang terburuk semenjak September 2014.

Konflik Ukraina: Bentrok Kembali Memanas di Ukraina Timur

Seperti dilansir dari Al-Jazeera (Sabtu, 17/1/2015), sebelumnya dalam kurun waktu sepekan terakhir situasi konflik di wilayah Ukraina Timur relatif kondusif, namun kondisi tersebut langsung berubah setelah bentrok adu senjata kembali terjadi antara pihak pemerintah dan pemberontak.

Dalam bentrok yang terjadi Jumat (16/1) tersebut, pihak pemberontak berencana untuk menguasai Bandara Internasional Donetsk, namun pasukan tentara Ukraina berusaha untuk mempertahankan bandara tersebut. Akhirnya bentrok antara kedua kubu itu pun tak dapat dielakkan dan sedikitnya memakan korban 11 jiwa.

Sebelumnya Pemerintah Ukraina sendiri telah berupaya untuk melakukan dialog dengan pihak pemberontak untuk secepatnya menyelesaikan konflik di wilayah Ukraina Timur tersebut. Namun hingga kini belum ada kesepakatan yang terjalin dan dapat memuaskan semua pihak, sehingga konflik pun diperkirakan akan terus berlangsung. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)