Home » News » Kecelakaan AirAsia QZ-8501 : Proses Evakuasi Badan Pesawat Masih Terhalang Cuaca Buruk

Kecelakaan AirAsia QZ-8501 : Proses Evakuasi Badan Pesawat Masih Terhalang Cuaca Buruk



Pangkalan Bun โ€“ Karena terhalang kondisi cuaca buruk, tim penyelam yang melakukan proses evakuasi badan pesawat Air Asia QZ-8501 terpaksa naik kembali ke permukaan. Buruknya cuaca menyebabkan jarak pandang terbatas, kecepatan arus, serta tinggi gelombang yang makin menyulitkan proses evakuasi.

Kecelakaan AirAsia QZ-8501 : Proses Evakuasi Badan Pesawat Masih Terhalang Cuaca Buruk

Berdasarkan penuturan Direktur Operasional Basarnas Marsekal Pertama S.B. Supriyadi (Minggu, 18/1/2015), arus laut di lokasi sekitar lokasi evakuasi badan pesawat mencapai 5 knot, hal tersebut mengakibatkan penyelam kesulitan mencapai dasar laut. Kondisi ini sendiri telah berlangsung sejak ditemukannya lokasi karamnya badan pesawat tiga hari yang lalu.

Selain itu Supriyadi juga menjelaskan tinggi gelombang mencapai 4 meter, sementara jarak pandang di bawah laut hanya sekitar 2 meter. Kondisi buruk tersebut tak ayal membuat tim penyelam lagi-lagi memutuskan untuk kembali naik ke permukaan dan menunggu cuaca menjadi lebih baik untuk melanjutkan proses evakuasi.

Sejak pukul 07.00 tadi pagi, sebanyak 30 penyelam dari tim evakuasi telah melakukan penyelaman dari tiga kapal yang bersiaga di wilayah perairan Selat Karimata, yakni KRI Banda Aceh, Crest Onyx dan Nan Hai Jiu 101 milik Cina. Selain itu juga ada 81 penyelam lain yang telah bersiaga di tiga kapal tersebut. Adapun di tengah kondisi cuaca buruk tersebut tim evakuasi sempat menemukan kembali dua jenazah yang diduga korban AirAsia QZ-8501 di sekitar lokasi temuan badan pesawat. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)