Home » News » Berita BBM: SPBU Merugi, Harga BBM Turun

Berita BBM: SPBU Merugi, Harga BBM Turun



Bogor โ€“ Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) berjenis premium dan solar memang baru saja diturunkan oleh pemerintah. Sayangnya hal ini membuat pengusaha Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang ada di Bogor, Jawa Barat mnjadi merugi. Kerugian yang ditanggung di 120 SPBU di Bogor mencapai Rp 9,6 miliar.

Berita BBM: SPBU Merugi, Harga BBM Turun

Ketika ditemui wartawan sisidunia, Sabtu (17/1/2015), Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Bogor Bahriun mengungkapkan bahwa jika nanti mereka tetap menebus delivery order (DO) dari Pertamina atau membeli BBM dengan harga Rp 7.600 per liter, sedangkan jika harganya turun tentunya membuat para pengusaha akan mengalami kerugian besar.

Permasalahan ini mengacu pada pengalaman turunnya harga BBM premium dari Rp8.500,- per liter ke harga Rp7.600 per liter tentunya membuat para pengusaha SPBU Bogor merugi. Diakui oleh Bahriun bahwa setiap SPBU rugi sekitar Rp 80 juta.

Kerugian ini termasuk cukup besar. Karena jika kerugian kemarin saja butuh waktu sebulan untuk pencairan dana kembali dari bank,kini harga turun lagi tentu butuh waktu yang lama lagi. Sebagai contoh untuk SPBU yang memiliki stok minimal 80- ton premium dengan harga turun Rp1.000,- tentunya akan mengalami kerugian sebesar Rp80 juta, pungkas Bahriun. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)