Home » News » Berita BBM: Ini Penyebab Harga Premium di Luar Jawa-Bali Lebih Murah

Berita BBM: Ini Penyebab Harga Premium di Luar Jawa-Bali Lebih Murah



Jakarta โ€“ Belum lama ini pemerintah telah mengumumkan mulai Senin (19/1) esok harga BBM jenis Premium dan Solar akan kembali turun. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral juga menyatakan bahwa Premium akan dijual lebih murah di luar wilayah Jawa-Bali. Menurut penuturan Plt Dirjen Minyak dan Gas dan Bumi IGN Wiratmaja, pihak Pertamina akan menjual Premium di luar Jawa-Bali dengan penugasan khusus mengambil margin keuntungan lebih sedikit.

Berita BBM: Ini Penyebab Harga Premium di Luar Jawa-Bali Lebih Murah

Berdasarkan pengamatan tim SisiDunia (Minggu, 18/1/2015), kebijakan tersebut diambil karena perkembangan wilayah luar Jawa-Bali dinilai belum secepat Jawa-Bali. Walaupun dijual dengan harga sedikit lebih murah, Premium di luar Jawa-Bali tetap tidak mendapatkan subsidi, karena harga jual tersebut masih memberi keuntungan untuk Pertamina, walaupun tidak besar.

Sebelumnya Menteri ESDM Sudirman Said telah mengumkan harga baru Premium Rp. 6.600 yang akan mulai berlaku pada Senin (19/1) pukul 00.00 waktu setempat. Namun harga tersebut hanya berlaku di wilayah luar Jawa-Bali, sementara untuk wilayah Jawa dan Madura harga jual Premium dipatok Rp. 6.700 dan Rp. 7.000 untuk wilayah Bali.

Kebijakan tersebut berdasarkan pada Peraturan Presiden No. 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak. Dimana Premium di luar Jawa-Bali merupakan jenis BBM khusus penugasan, sementara BBM untuk wilayah Jawa dan Bali merupakan BBM jenis umum. Keduanya sama-sama tidak mendapatkan subsidi lagi, namun dijual dengan harga berbeda, hanya BBM jenis Solar dan minyak tanah yang tetap mendapat subsidi dari pemerintah. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)