Home » News » Sutarman Serahkan Tugas Kapolri Kepada Wakapolri Badrodin Haiti

Sutarman Serahkan Tugas Kapolri Kepada Wakapolri Badrodin Haiti



Jakarta – Pemberhentian Jenderal Sutarman dari jabatan Kapolri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara terhormat membuat tugas dan wewenang Kapolri dilimpahkan kepada Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai pelaksana tugas (Plt) Kapolri. Menurut mantan Kapolri Sutarman, mulai detik ini semua tugasnya sudah lepas dan dibebankan kepada Komjen Pol Badrodin.

“Dengan surat keputusan bapak presiden, mulai detik ini saya melaksanakan tugas bapak presiden untuk menyerahkan tugas dan wewenang kepada Wakapolri Badrodin Haiti untuk melakukan tugas Kapolri. Kenapa perlu surat keputusan, karena Kapolri sebagai pengguna anggaran sebagai pelaksana kegiatan tugas di seluruh indonesia,” tegas Sutarman di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, (16/1/2015).

Sutarman Serahkan Tugas Kapolri Kepada Wakapolri Badrodin Haiti

Hal senada juga disampaikan oleh Plt Kapolri Badrodin Haiti. Menurutnya, dirinya siap menerima dan mengemban tugas tersebut serta dirinya juga meminta doa dan dukungan kepada seluruh polisi Indonesia untuk menjalankan tugas barunya ini.

“Saya selaku Wakapolri melaksanakan tugas dan wewenang tanggung jawab Kapolri. Karena tidak boleh ada kekosongan kepemimpinan. Tugas Wakapolri menggantikan Kapolri jika berhalangan, ini dikuatkan surat presiden,” sambung Badrodin.

Komjen Badrodin Haiti ditunjuk sebagai Plt Kapolri oleh Presiden Jokowi dikarenakan pelantikan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri ditunda. Untuk mengisi kekosongan tersebut, Jokowi akhirnya mengangkat Komjen Badrodin Haiti sebagai pelaksana tugas.

“Berhubungan Komjen Budi Gunawan sedang menjalani proses hukum, maka kami pandang perlu untuk menunda pengangkatan sebagai Kapolri. Jadi menunda, bukan membatalkan, ini yang perlu digarisbawahi,” tegas Presiden Jokowi. (Moch Asnan – www.sisidunia.com)