Home » News » Pengamat Politik Sebut Kekompakan DPR soal Budi Gunawan Ada Motif Tertentu

Pengamat Politik Sebut Kekompakan DPR soal Budi Gunawan Ada Motif Tertentu



Jakarta – Melihat kekompakan para DPR yang meloloskan uji kelayakan calon tunggal Kapolri Komjen Budi Gunawan mendapat perhatian Pengamat Politik Populi Center, Nico Harjanto melihat. Menurut Nico, kompaknya Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dan Koalisi Merah Putih (KMP) memiliki motif dan kepentingan masing masing kelompok.

“Saya kira begini, satu suaranya itu karena ada motivasi yang berbeda. Motifnya yang berbeda, bukan karena mereka kompak,” tegas Nico di Jakarta, pada Sabtu (17/1/2015).

Pengamat Politik Sebut Kekompakan DPR soal Budi Gunawan Ada Motif Tertentu

Nico juga menambahkan, bagi partai yang tergabung dalam KIH tentunya mendukung komjen Budi Gunawan karena keputusan atau arahan dari PDI Perjuangan. Sedangkan KMP memiliki motif yang berbeda, jika Budi Gunawan dilantik menjadi Kapolri akan menjadi pintu masuk bagi mereka untuk menjerat presiden sampai mengarah ke pemakzulan.

“Bagi KMP tentu keinginannya, motifnya tentu berbeda. Mereka menyetujui itu karena mereka justru melihat ini dapat menjadi pintu masuk untuk menjerat presiden ke dalam misalnya proses-proses yang mengarah pada impeachment, mengarah pada pemakzulan,” tambah Nico.

Namun dengan keputusan Presiden Jokowi yang menunda pelantikan Budi Gunawan, Nico menilai KMP sangat kecewa karena manuver politiknya tidak berjalan dengan mulus. “Saya kira tentu (KMP) kecewa karena skenario mereka untuk memasang jerat politik itu bisa dihindari sejauh ini,” tutup Nico. (Moch Asnan – www.sisidunia.com)