Home » News » Pelantikan Komjen Budi Gunawan Sebagai Kapolri Tunggu KPK

Pelantikan Komjen Budi Gunawan Sebagai Kapolri Tunggu KPK



Jakarta – Permasalahan pencalonan Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai Kapolri masih terus berlanjut dimana terkininya proses pelantikan mantan ajudan Megawati Soekarnoputri tersebut dipastikan ditunda hingga Komisi Pemberantasan Korupsi selesai melakukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan.

Pelantikan Komjen Budi Gunawan Sebagai Kapolri Tunggu KPK

“Berhubung Komjen Drs Budi Gunawan, SH, MSI, sedang menjalani proses hukum, kami pandang perlu untuk menunda pengangkatan sebagai Kepala Polri. Jadi menunda. Bukan membatalkan. Ini yang perlu digarisbawahi,” ujar Presiden RI ke 7 Joko Widodo dalam keterangannya di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (16/01/2015).

Selain itu Presiden Joko Widodo turut menetapkan Komjen Badrodin Haiti sebagai Plt. Kapolri menggantikan posisi Jenderal Pol Sutarman yang telah resmi diberhentikan secara hormat dari posisi terkait serta akan terlebih dahulu menunggu kepastian status hukum Komjen Budi Gunawan oleh KPK.

Kemudian Tedjo Edhy Purdijatno yang merupakan Menteri Koordinasi Politik, Hukum, dan Keamanan mengatakan bahwa pengangkatan Komjen Badrodin Haiti sebagai Plt. Kapolri tak berjangka karena pihak pemerintah ingin memberikan kesempatan KPK menuntaskan permasalahan status hukum Komjen Pol Budi Gunawan. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)