Home » Ekonomi & Bisnis » Minyak Dunia Kembali Turun Imbas Pemangkasan Harga Oleh Goldman Sachs

Minyak Dunia Kembali Turun Imbas Pemangkasan Harga Oleh Goldman Sachs



New York – Harga minyak dunia kembali mengalami penurunan, akibat dari pemangkasan perkiraan harga oleh Goldman Sachs dan tidak ada tanda-tanda pembatasan produksi minyak dari negara-negara penghasil minyak di kawasan timur tengah. Pada perdagangan di spot New York hari ini Selasa (13/1/2015) minyak mentah jenis WTI ditutup turun US$ 2,29 menjadi US$ 46,07 per barel, yang merupakan harga terendah sejak april 2009. Sedangkan minyak mentah jenis Brent turun sekitar US$3 ke level 47,24 per barel, dimana harga terendah sejak maret 2009.

Minyak Dunia Kembali Turun Imbas Pemangkasan Harga Oleh Goldman Sachs

Analis Goldman Sachs memangkas proyeksi harga untuk tiga bulan kedepan. Goldman menurunkan harga minyak mentah jenis Brent di level US$42 dari US$80 per barel. Sementara untuk kontrak WTI diprediksi pada harga US$41 dari sebelumnya US%70 per barel.

Tariq Zahir dari Tcye Capital Advisors mengatakan sulit untuk memprediksi karena harga bervariasi begitu cepat. Segala sesuatu tampaknya terjadi lebih cepat dari yang dibayangkan ungkapnya yang dikutip oleh CNBC. Penurunan harga minyak dunia saat ini masih dipicu oleh keengganan produsen minyakdunia untuk menurunkan pasokan ke pasar sehingga stok minyak dunia masih melipah, selain itu adanya penguatan terhadap penguatan dolar AS terhadap mata uang di dunia. (fauji nur – sisidunia.com)