Home » News » Kecelakaan Air Asia: CVR Pesawat AirAsia QZ8501 Dievakuasi KRI Banda Aceh

Kecelakaan Air Asia: CVR Pesawat AirAsia QZ8501 Dievakuasi KRI Banda Aceh



Jakarta โ€“ Dari pihak tim penyelam evakuasi AirAsiaQZ8501 sudah melaporkan bahwa cockpit voice recorder (CVR) sudah diangkat dari laut dan saat ini sudah ada di KRI Banda Aceh. Dimana sebelumnya CVR ini berhasil dievakuasi oleh KN Jadayat, tepatnya pada siang ini, Selasa (13/1/2015).

Kecelakaan Air Asia: CVR Pesawat AirAsia QZ8501 Dievakuasi KRI Banda Aceh

Ketika dikonfirmasi terkait hal tersebut, pihak Koordinator Tim Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan A Tonny Budiono kepada wartawan harianindo membenarkan hal tersebut. Dimana untuk saat ini CVR sudah dibawa oleh tim KNKT dari kapal Jadayat ke kapal KRI Banda Aceh.

Tonny menambahkan bahwa rekaman percakapan yang ada di kokpit pesawat AirAsia yang jatuh pada Minggu (28/12) ini berhasil ditemukan berjarak tidak jauh dari lokasi penemuan dari flight data recorder (FDR) yang jatuh di Selat Karimata, Kalimantan.

Untuk jaraknya hanya terpaut 20 meter. Dengan ditemukannya CVR ini maka menjadi pelengkap setelah sebelumnya ditemukan Black Box yang berisikan rekaman data penerbangan pada Senin (12/1). Sehingga untuk saat ini, Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dapat segera mendapatkan informasi dari keseluruhan elemen yang ada di Kotak Hitam. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)