Home » News » Kecelakaan Air Asia: Basarnas Terus Lakukan Pencarian Pesawat AirAsia QZ8501

Kecelakaan Air Asia: Basarnas Terus Lakukan Pencarian Pesawat AirAsia QZ8501



Jakarta โ€“ Rencananya pada Senin (12/1/2014) ini pihak Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) hari ini, lebih menfokuskan bagian lain dari pesawat AirAsia QZ8501 dengan menggunakan alat deteksi bawah air tepatnya di sekitar temuan ekor pesawat.

Kecelakaan Air Asia: Basarnas Terus Lakukan Pencarian Pesawat AirAsia QZ8501

Selain itu tim fx wing ataupun rotary wing tetap akan dikerahkan untuk melanjutkan pencarian. Disamping itu para penyelam juga akan melakukan pencarian di obyek ke-16 yang diduga kuat adalah Black Box dan dilakukan pengangkatan.

Dalam keterangan persnya, Minggu (11/01/2014), Kepala Badan SAR Nasional (Kabasarnas), Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo mengungkapkan bahwa di hari ke-15 ini pihaknya baru menemukan sekitar 48 jenazah dari total korban sekitar 162 korban.

Sayangnya epncarian kemarin belum membuahkan hasil, namun Tim SAR gabungan berhasil menemukan bagian yang diprediksi dari pesawat dengan menggunakan alat pendeteksi bawah air. Dimana salah satunya adalah adanya sebuah lubang besar yang terletak di dasar laut, kemudian ditindak lanjuti oleh penyelam dari TNI AL yang on board di MGS Geosurvey.

Kesimpulan sementara bahwa lubang itu berasal dari benturan pesawat ketika jatuh ke laut, yang diperkuat dengan munculnya gundukan tanah baru yang muncul di dasar laut. Sedangkan para penyelam TNI AL yang on board di KN Jadayat berhasil menemukan beberapa benda-benda yang diduga adalah sayap dan pecahan yang berasal dari mesin pesawat.

Tidak hanya itusaja, di obyek ke-16 tepatnya di lokasi penemuan juga terdeteksi sinyal Ping yang diprediksi dari Black Box yang berhasil ditangkap oleh tim KNKT dengan menggunakan KN Jadayat, KM Java Imoera, dan KN Baruna Jaya I. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)