Home » Travel & Kuliner » Resep Masakan Jawa: Cara Membuat Selat Solo Khas Solo

Resep Masakan Jawa: Cara Membuat Selat Solo Khas Solo



Jakarta – Kini akan berikan resep masakan selat solo namanya, selat solo ini adalah makanan khas dari kota Solo. Biasanya ada yang mengenal selat solo ini dengan nama bistik jawa, bahan dari makanan ini bisa menggunakan lidah atau bisa juga daging has dalam.

Resep Masakan Jawa: Cara Membuat Selat Solo Khas Solo

Membayangakan dengan saus coklat serta adanya sayuran juga mayones, membuat anda semua pasti tidak sabar ingin mencobanya dirumah. Resep selat solo ini dikirim ke redaksi kami pada, Minggu (11/1/2015). Simak resep lengkapnya di bawah ini.

Bahan-bahan
Lidah sapi/ Daging sapi yang sudah empu 500 gram
Bawang bombay, cincang kasar 1 buah
Kecap manis 3 sendok makan
Minyak/mentega untuk menumis 2 sendok makan
Garam 1 sendok teh
Gula 1 sendok makan
Lada bubuk 1/2 sendok teh
Air 200 ml
Wortel, iris panjang 2 buah
Buncis, potong-potong 100 gram
Kentang, iris tipis 4 buah
Slada secukupnya
Timun 1 buah
Mayones secukupnya

Pertama kita akan mengolah bistiknya dulu, tumis bawang bombay hingga wangi dan layu, lalu masukkan daging yang sudah empuk tadi. Beri air, kecap manis, garam, gula, lada aduk semua sampai merata masak hingga meresap.

Sekarang untuk saladnya, rebus semua bahan salad kecuali selada dan mentimun. Untuk kentang bisa disesuaikan dengan selera anda mau digoreng atau direbus. Kini cara penyajiannya tata selada, timun, wortel, buncis, juga kentang diatas piring. Siram dengan bistik dan juga dagingnya, tambahkan mayones ke dalamnya, selat solo pun siap untuk dinikmati. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)