Home » Travel & Kuliner » Resep Masakan Jawa: Cara Membuat Ayam Panggang Klaten

Resep Masakan Jawa: Cara Membuat Ayam Panggang Klaten



Jakarta – Masih seputar masakan jawa, dan kali ini kita akan membahas masakan Jawa Tengah. Ayam panggang khas Klaten, rasa ayam panggangnya sangat berbeda dengan ayam panggang biasanya.

Resep Masakan Jawa: Cara Membuat Ayam Panggang Klaten

Jika anda ingin memakan ayam panggang ini tentunya tidak perlu pergi ke Klaten, anda sudah bisa membuatnya sendiri. Kini sisidunia akan memberikan resep ayam panggang khas kutipan dari dapurmasak, Minggu (11/1/2015) Klaten khusus untuk anda semua.

Daging Ayam 500 gram
Santan Cair 500 ml
Santan Kental 250 ml
Serai 1 batang
Daun Salam 2 lembar
Lengkuas (Laos) 1 ruas
Bawang Merah 3 butir
Bawang Putih 2 butir
Ketumbar 1 sendok teh
Kemiri 3 butir
Gula Merah secukupnya
Garam secukupnya

Pertama kita haluskan terlebih dahulu bawang merah, bawang putih, ketumbar, serta kemiri. Kemudian kita memarkan sereh dan juga lengkuas.

Campurkan semua bumbu yang telah dihaluskan dengan santan yang encer, lalu sereh, lengkuas serta daun salam. Biarkan dahulu hingga mendidih setelah itu masukkan ayam. Masak sampai ayam menjadi empuk, sambil diaduk sebentar.

Selanjutnya masukkan santan kental, masak sampai mendidih dan menjadi kental serta berminyak. Setelah berminyak, matikan api dan angkat ayam lalu kemudia pangganglah ayam dengan menggunakan teflon atau bisa juga dengan bara api. Sebagai pelengkap hidangkan dengan sambel terasi. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)