Home » News » Kecelakaan Air Asia, BMKG: Di Lokasi Ditemukannya Ekor QZ8501, Ada 2 Arus Gelombang Yang Tinggi Mencapai 3,5 Meter

Kecelakaan Air Asia, BMKG: Di Lokasi Ditemukannya Ekor QZ8501, Ada 2 Arus Gelombang Yang Tinggi Mencapai 3,5 Meter



Pangkalan Bun – Proses diangkatnya ekor dari pesawat Air Asia QZ8501 masih akan dilanjutkan pada hari ini. BMKG di Pangkalan Bun sudah bisa memberikan perkiraan tinggi gelombang yang berada di sekitar lokasi penemuan.

Kecelakaan Air Asia, BMKG: Di Lokasi Ditemukannya Ekor QZ8501, Ada 2 Arus Gelombang Yang Tinggi Mencapai 3,5 Meter

Gelombang tinggi mencapai hingga 3,5 meter itu terjadi di sekitar lokasi ditemukannya badan pesawat, dan juga ekor pesawat serta para korban.

“Diperkirakan pada hari ini gelombang laut memang meninggi, ketinggian mencapai 1,5-3 meter itu yang berada di sektor barat. Sedangkan di sektor timur mencapai ketinggian 2,5-3,5 meter, arus yang terjadi di permukaan laut berkecepatan hingga 15-30 cm/s,” ungkap Kepala Stasiun Meteorologi Lanud Iskandar, Lukman Sholeh, pada sejumlah wartawan, Sabtu (10/1/2015).

Lukman juga menjelaskan bahwa di lautan tersbut terdapat 2 gelombang yang berbeda, arus yang pertama berada di permukaan yang berkaitan secara langsung dengan arah angin. Kemudian yang kedua berasal dari bawah laut, dimana hal ini bisa dipengaruhi oleh pasang surut, salinitas, serta suhu laut. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)