Home » News » Berikut Cara Mendaftar BPJS Secara Online

Berikut Cara Mendaftar BPJS Secara Online



Jakarta – BPJS kini menjadi andalan bagi masyarakat untuk mendapatkan pengobatan secara gratis dibeberapa rumah sakit yang telah ditunjuk oleh pemerintah.

Dengan kartu sakti tersebut, rakyat mendapatkan cover dari 144 jenis penyakit dan kemudahan dalam melakukan pembayaran.

Dan untuk mendapatkan kartu BPJS, pemerintah telah menyediakan fasilitas online yang bisa diakses secara mudah dan cepat. Dengan cara ini maka masyarakat bisa terhindar dari calo yang ingin mendapatkan keuntungan untuk pengurusan kartu BPJS.

Berikut adalah langkah mengurus BPJS lewat jalur online yang hanya terdiri dari 3 tahap : daftar online → membayar ke bank → mencetak kartu.

1. Sebelum mendaftar online di websiteBPJS, siapkan data : email, nomor ktp, nomor kartu keluarga, tanggal lahir.

2. Setelah input data, kita akan memperoleh email otomatis untuk konfirmasi bahwa benar nama kita yang daftar. di sini kita memperoleh nomor regristasi pendaftaran.

3. Di email tersebut juga ada link untuk aktivasi pendaftaran. ketika di klik akan muncul jendela baru yang isinya captcha yang harus kita isikan.

4. Input captcha yang disediakan dan klik, akan muncul perintah untuk mendownload nomor virtual account, nomor ini adalah semacam nomer rekening ketika kita akan bayar. ada 3 bank, mandiri, bri dan bni, tiap bank nomernya berbeda.

di bawah ini adalah penampakan setelah proses pembayaran selesai, “2. Cetak e-ID BPJS Kesehatan”, itu belum ada.

5. Pergilah ke atm untuk membayar, pilih pembayaran ke salah satu bank, bri, bni dan bank mandiri. ini adalah penampakan nomor akun virtual setelah kita klik aktivasi:

6. Tunggu beberapa jam, (aku sekitar 3 jam) dan kembalilah ke email konfirmasi yang dikirim oleh admin bpjs sebelumnya. di sini akan muncul link tambahan yang isinya adalah kartu bpjs kita yang siap dicetak. Dan ini wujud kartu bpjs yang harus kita cetak sendiri

7. Selesai. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)