Home » News » Presiden Jokowi Tetapkan Gede Dewa Sebagai Pengganti Hamdan Zoelva

Presiden Jokowi Tetapkan Gede Dewa Sebagai Pengganti Hamdan Zoelva



Jakarta – Kursi Hakim Konstitusi yang sebelumnya diisi oleh Hamdan Zoelva sekarang dipastikan menjadi milik I Gede Dewa Palguna. Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu dipilih Presiden Joko Widodo dengan menyisihkan 15 calon lain termasuk salah satu diantaranya guru besar Yuliandri.

Presiden Jokowi Tetapkan Gede Dewa Sebagai Pengganti Hamdan Zoelva

Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (06/01/2015), Pratikno yang merupakan Menteri Sekretaris Negara menyatakan I Gede Dewa Palguna telah dipilih untuk menjadi penerus dari Hamdan Zoelva sebagai Hakim Konstitusi dan dijadwalkan diambil sumpah maupun janjinya pada esok hari, Rabu (07/01/2015).

Dan mengenai keterlibatannya dalam sebuah partai politik, pada saat wawancara tahap ke II 30 Desember 2014, I Gede Dewa Palguna tidak menampik hal itu, namun turut menegaskan jika nanti pengambilan sumpan serta janji telah dilakukan, maka dirinya hanya akan menaati konstitusi, bukan yang lain.

I Gede Dewa Palguna sebelumnya juga sempat menjabat sebagai Hakim Konstitusi tepatnya pada tahun 2003 hingga 2008 untuk kemudian kembali menjadi pengajar di Universitas Udayana, Bali, serta berkiprah dikancah politik bersama PDIP setelah masa baktinya itu usai. (Moch Asnan – www.sisidunia.com)