Home » News » Kecelakaan Pesawat Air Asia: Kemenhub Akhirnya Ungkap Larangan Jadwal Terbang Air Asia

Kecelakaan Pesawat Air Asia: Kemenhub Akhirnya Ungkap Larangan Jadwal Terbang Air Asia



Jakarta – Pada akhirnya Kementerian Perhubungan menjelaskan dimana akar permasalahan terungkapnya jadwal larangan terbang Air Asia, yang berujung pada pembekuan jalur Surabaya – Singapura. Semula ijin terbang ini ditolak karena adanya kecelakaan pesawat Air Asia QZ8501, yang terbang pada hari Minggu.

Kecelakaan Pesawat Air Asia: Kemenhub Akhirnya Ungkap Larangan Jadwal Terbang Air Asia

“Pihak Angkasa Pura I di Surabaya menyatakan kalau jadwal terbang Air Asia QZ8501 telah dimajukan, namun setelah pihak kami menyelidiki ternyata tidak ada jadwal penerbangan di hari Minggu,” ungkap Plt Dirjen Perhubungan Udara Djoko Murdjatmodjo, saat jumpa pers di Kemenhub, Jakarta, Senin (5/1/2015), pada pukul 11.30 WIB.

Kemudian Kemenhub mencoba untuk mengecek beberapa dokumen mengenai perizinan Air Asia, ternyata di sana tercatat pada tanggal tersebut 28 Desember pihak dari Air Asia tengah mengajukan perubahan jadwal. Tetapi pengajuan tersbut telah ditolak oleh pihak Kemenhub disebabkan Air Asia sering sekali melakukan pelanggaran.

“Sebenarnya selesai mengajukan perubahan jadwal dilapangan itu tidak bisa mengajukan izin untuk perubahan. Apalagi kejadian terssebut sudah 2 bulan yang lalu, jelas tidak bisa diberikan izin itu namanya sudah melanggar,” tegas Djoko.

Setelah mengetahui adanya pelanggaran untuk terbang, baru Kemenhub menghentikan jadwal terbang untuk rute Surabaya-Singapura pada tanggal 2 Januari 2015. Penghentian penerbangan ini bersifat hanya sementara sampai ada hasi dari investigasi mengenai masalah ini. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)