Home » News » Kecelakaan Air Asia: Air Asia Wajib Berikan Ganti Rugi Pada Seluruh Penumpang Dengan Atau Tanpa Asuransi

Kecelakaan Air Asia: Air Asia Wajib Berikan Ganti Rugi Pada Seluruh Penumpang Dengan Atau Tanpa Asuransi



Jakarta – Kini yang mulai dibicarakan adalah mengenai ganti rugi yang seharusnya diperoleh oleh setiap penumpang Air Asia. Pihak pemerintahan memang mengharuskan Air Asia untuk mengganti kerugian seluruh penumpang masing-masingnya sebesar Rp 1,25 miliar, dengan memakai asuransi ataupun tidak.

Kecelakaan Air Asia: Air Asia Wajib Berikan Ganti Rugi Pada Seluruh Penumpang Dengan Atau Tanpa Asuransi

“Itu semua menjadi tanggung jawab Airlinenya terserah bisa melalui asuransi atau pun tidak. Yang penting ada kepastian untuk penumpang,” ujar Plt Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Djoko Murdjatmodjo saat jumpa pers di kantor Kemenhub, Senin (5/1/2015).

Seharusnya Air Asia mengasuransikan penerbangan yang dilakukan Air Asia. Allianz adalah salah satu asuransi penanggung jawab utama penerbangan. Klaim untuk pesawat bisa diperkirakan mencapai US$ 94 Juta. Setiap penumpang yang menjadi korban keluarganya akan mendapatkan santunan sebesar US$ 165.000 atau sekitar Rp 2 miliar.

Tetapi sayangnya dana asuransi tersebut sudah mendapatkan ancaman tidak akan cair. Sebab penerbangan yang telah dilakukan oleh Air Asia dianggap ilegal. Polis asuransi bisa dikeluarkan jika memang penerbangan tersebut resmi, sesuai dengan peraturan yang berlaku pada saat itu. Itu sudah menjadi tanggung jawab pihak Air Asia, sebab pemerintah tidak ada campur tangan mengenai hal ini. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)