Home » Travel & Kuliner » Resep Masakan Korea: Cara Membuat Kimchi Khas Korea

Resep Masakan Korea: Cara Membuat Kimchi Khas Korea



Jakarta – Kami masih mempunya referensi lain untuk masakan korea, salah satunya kimchi. Masakan ini terdiri dari beberapa sayuran. Dan bentuknya hampir mirip dengan masakan acar, kimchi ini bisa dibilang pelengkap di setiap hidangan korea.

Resep Masakan Korea: Cara Membuat Kimchi Khas Korea

Yang ingin mencoba dirumah, bisa menyimak resep yang kami berikan dari kiriman ke redaksi kami, Minggu (4/1/2015). Silahkan mencoba dirumah.

Bahan Yang Dibutuhkan:
100 gram sawi putih, biarkan utuh perbatang, cuci bersih
½ potong lobak, potong memanjang seperti korek api
½ potong wortel, potong memanjang seperti korek api
½ buah bawang bombay, potong tipis
4 batang daun bawang, potong-potong
2 siung bawang putih, parut
1 ruas jari jahe, parut
½ gelas bubuk cabai
1 sdm gula
2 sdt garam
½ gelas garam kasar
1 gelas air
5 sdm saus ikan

Baca juga:
Resep Masakan Korea: Cara Membuat Masakan Bulgogi Khas Korea

Pertama larutkan dahulu garam kasar dengan air, lalu rendam dahulu sawi putih yang masih utuh selama kurang lebih 6 jam. Setelah sawi putih diangkat dari rendaman, cuci bersih sampai garam hilang. Kemudian potong-potong sawi putih memanjang seperti korek api.

Campurkan gula, garam, cabai bubuk, bawang putih yang sudah diparut, jahe yang sudah diparut, daun bawang, serta saus ikan. Lumuri sawi putih dengan campuran bumbu-bumbu tadi, sampai merata, lalu beri tambahan lobak, wortel, bawang bombay dan aduk kembali.

Simpan dahulu ke dalam toples yang ditutup rapat, lalu biarkan dahulu selama 2 hari. Setelah itu siap untuk disajikan, dan sisanya masih bisa disimpan kembali ke dalam kulkas. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)