Home » News » Kecelakaan Pesawat Air Asia: Black Box Pesawat AirAsia QZ8501 Mulai Dicari

Kecelakaan Pesawat Air Asia: Black Box Pesawat AirAsia QZ8501 Mulai Dicari



Jakarta – Pada hari ini tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) berencana melakukan pencarian atas Black Box (kotak hitam) dari pesawat AirAsia QZ8501. DIprediksi Black Box ini jatuh di sekitar selat Karimata Kalimantan Tengah, demikian diungkapkan oleh Kepala Basarnas Marsdya TNI Henry Bambang Soelistyo dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat, (2/1).

Kecelakaan Pesawat Air Asia: Black Box Pesawat AirAsia QZ8501 Mulai Dicari

Sulistyo membeberkan bahwa black box atau flight recorder pada pagi ini sudah dilaksanakan pencariannya oleh tim KNKT. Rencananya pencarian difokuskan pada area seluas 1.575 nautical mile square di perairan selat Karimata Kalimantan Tengah.

Alasannya adalah area tersebut sudah banyak ditemukan korban dan juga serpihan pesawat. Tidak hanya black box saja, karena kali ini pencarian juga difokuskan pada badan pesawat AirAsia. Beban tugas tersebut dilaksanakan oleh kapal Basarnas, TNI, Polri, dengan beberapa kapal bantuan dari luar negeri yang tentunya memiliki sistem pencarian di bawah laut.

Kapal-kapal tersebut seperti KRI Penyapu Ranjau, Kapal Baruna Jaya BPPT, dan Kapal Geo Survei. Sedangkan untuk area yang lainnya pihak Basarnas tetap melakukan pencarian dan tentunya masih memfokuskan pada pengevakuasian jenazah yang berhasil ditemukan. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)