Home » News » Kecelakaan Air Asia: Basarnas Siapkan 20 Tim Penyelam Tambahan, Yang Stastusnya Masih Wait And See

Kecelakaan Air Asia: Basarnas Siapkan 20 Tim Penyelam Tambahan, Yang Stastusnya Masih Wait And See



Jakarta – Basarnas telah menyiapkan setidaknya 20 personil tim penyelam tambahan yang akan dikirim ke lokasi jatuhnya pesawat Air Asia QZ 8501. Pesawat Air Asia QZ 8501 telah ditemukan di perairan Laut Jawa mendekati Selat Karimata.

Kecelakaan Air Asia: Basarnas Siapkan 20 Tim Penyelam Tambahan, Yang Stastusnya Masih Wait And See

Hingga saat ini evakuasi belum bisa dilakukan secara maskimal, karena kendala cauca yang masih memburuk. “Secepatnya kita akan kirimkan TNI, Kopaska, nantinya akan ada sekitar 47 penyelam. Lalu dari Basarnas akan dikirimkan sebanyak 20 personil penyelam,” ujar Kepala Basarnas Marsdya TNI F Henry Bambang Soelistyo, waktu jumpa pers di kantor Basarnas, Jakarta Pusat, Rabu (31/12/2014).

Evakuasi akan segera dilakukan saat cuaca lebih baik dari sekarang. Sebab gelombang lautan masih tinggi.

Nantinya para petugas penyelam akan diberi dua tugas, yang pertama lokasi dimana letak badan pesawat dan kedua mencari para korban penumpang dan juga kru pesawwat.

Penyelam juga akan dilengkapi alat yang bisa untuk menyelam sedalam 25 meter hingga 32 meter. Juga akan diberi alat khusus untuk memotong, namun jika sulit akan dilakukan dengan cara yang lain. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)