Home » News » Bahan Bakar Minyak (BBM) Turun Jadi ‘Kado’ Akhir Tahun 2014

Bahan Bakar Minyak (BBM) Turun Jadi ‘Kado’ Akhir Tahun 2014



Jakarta – Harga bahan bakar minyak (BBM) per 1 Januari 2015 dimulai pukul 00.00 WIB dipastikan mengikuti tetapan baru dari pemerintah, dimana solar yang sebelumnya seharga Rp. 7.500 turun Rp. 250 menjadi Rp 7.250, kemudian premium kini Rp. 7.600, dan untuk minyak tanah tetap Rp. 2.500.

Bahan Bakar Minyak (BBM) Turun Jadi 'Kado' Akhir Tahun 2014

Dan pada keterangannya, Sofyan Djalil selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian memberi himbauan kepada masyarakat agar bijak didalam menggunakan bahan bakar minyak. “Kita mengimbau masyarakat hemat dalam menggunakan BBM. Jangan gara-gara harga turun, masyarakat jor-joran,” ujarnya, Jakarta, Rabu (31/12/2014).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil turut mengatakan terhitung mulai Januari 2015 pihak pemerintah akan melakukan kontrol tiap bulannya untuk menentukan harga BBM bulan berikutnya. Hal itu dinyatakan dilakukan agar Pertamina tidak semena-mena didalam menetapkan harga.

“Kami kontrol setiap bulan karena Pertamina satu-satunya pemain supply BBM. Kalau pemerintah tidak menetapkan harga, mereka bisa tentukan harga sesukanya,” pungkas Sofyan Djalil. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu menjelaskan penentuan harga baru berikutnya ditetapkan tiap akhir bulan.

Pihak pemerintah nantinya akan menentukan harga berdasarkan pengamatan pada harga minyak dunia serta nilai mata uang rupiah dan terus dilakukan sampai persaingan dianggap sudah jauh lebih sehat. Sofyan Djalil turut meminta masyarakat agar tetap rasional dalam menggunakan BBM karena termasuk sumber energi langka. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)