Home » News » Inilah Wajah Alun-alun Bandung Setelah Mendapat Sentuhan Ridwan Kamil

Inilah Wajah Alun-alun Bandung Setelah Mendapat Sentuhan Ridwan Kamil



Bandung – Ridwan Kamil sepertinya tidak pernah kehabisan ide dalam mempercantik kota Bandung. Setelah membangun beberapa taman dengan tema khusus, alumni Universitas California, Berkeley, tersebut menyulap Alun-alun Bandung menjadi sangat indah.

Inilah Wajah Alun-alun Bandung Setelah Mendapat Sentuhan Ridwan Kamil

Kini, Alun-alun Bandung telah terpasang rumput sintesis yang menjadikannya seperti hamparan permadani raksasa. Dan perubahan tersebut disambut antusias oleh warga Bandung.

Para pengunjung yang akan masuk ke lapangan rumput sintesis tersebut membuka alas kakinya. Mereka menjaga sendiri kebersihan tempat itu tanpa perintah atau larangan tertulis. Pemerintah Kota Bandung berencana menyediakan tempat penitipan untuk menghindari pencurian alas kaki.

“Suami saja yang mengajak main anak, saya jaga sepatu,” kata Rini, seorang pengunjung, Sabtu, 27 Desember 2014.

Walaupun sudah terlihat sangat indah, namun Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan Kota Bandung, Arif Prasetya, mengatakan bahwa pembenahan Alun-alun belum rampung seluruhnya. Beberapa masih akan perlu ditambahkan untuk fasilitas warga, di antaranya tempat penitipan alas kaki serta mengaktifkan kembali Internet gratis.

Sejauh ini, dari pantauan sisidunia.com, penataan memang baru menyentuh bagian atas saja, atau alun-alun. Di bawahnya, yang berfungsi sebagai tempat parkir kendaraan, masih terlihat kumuh. Kolong alun-alun tak hanya menjadi tempat berjualan, tapi juga hunian dengan deretan kamar dari bahan papan yang tipis. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)