Home » Ekonomi & Bisnis » Aturan Ini Yang Membuat Rupiah Bergerak Fluktuatif

Aturan Ini Yang Membuat Rupiah Bergerak Fluktuatif



Jakarta- inginnya menjaga stabilitas dari nilai tukar Rupiah terhadap dolar. Undang-Undang (UU) yang dikeluarkan oleh pemerintah ternyata dapat menjadi bumerang yang justru membuat rupiah bergerak tidak menentu.

Aturan Ini Yang Membuat Rupiah Bergerak Fluktuatif

Fariel Anwar seorang pengamat mata uang memaparkan, terdapat dua peraturan/ UU yang penerapanya atau lemahnya pengawasan membuat rupiah sering terjungkal yakni UU Nomor 24 Tahun 1999.

Dengan adanya aturan tersebut, dana asing dapat menyerbu Indoenesia setiap saat tanpa ada batas kurun waktu kepemilikan (Holding period). Tentu hal tersebut memperlihatkan perekonomian di Indonesia sangatlah liberal.

Lebih lanjut ia juga menjelaskan, selama ini pemerintah sama sekali tidak memiliki menejemen resiko. Ini berbeda dengan beberapa negara yang lain yang tetap tenag meski tengah menghadapi sentimen global karena sudah menerapkan Holding period tertentu.

Sedangakan aturan kedua dapat menjadi bumerang untuk mata uang Rupiah adalah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 terkait mata uang. Menurut Anwar, pada UU tersebut tidak diiukuti dengan kebijakan pemerintah mengenai transaksi mana saja dianggap dapat mengganngu laju dari rupiah apabila dilakukan dengan menggunakan dolar seperti kontrak listrik, visa on arrival, dan Kontrak tambang.

Undang – Undang tersebut sebenarnya sudah ada sejak tahun 2011 namun UU tersebut tidak berjalan. Padahal kalau kita tahu sanksinya adalah 1 tahun penjara ata denda Rp 200 juta apabila melanngarnya. (Arkha Satya – sisidunia.com)