Home » Ekonomi & Bisnis » Setelah Angklung dan Batik, Kini Malaysia Klaim Jamu

Setelah Angklung dan Batik, Kini Malaysia Klaim Jamu



Jakarta- tidak hanya Angklung dan Batik yang pernah diklaim oleh Malaysia, bahkan obat-obatan asli yang berasal dari Indonesia juga mulai ditiru oleh negara tetangga tersebut.

Setelah Angklung dan Batik, Kini Malaysia Klaim Jamu Asal Indonesia

Putri Kusumawardhani yang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia di Bidang Industri Berbasis Budaya menyatakan, sebenarnya Malaysia memiliki racikan obat sendiri yang ia beri nama obat kampung.

Seperti ramuan herbal asa China yang diberi nama Chinese Madicine, Putri tidak mempermasalahkan nama/ bahan dari obat atau ramuan pada obat kampung milik Malaysia. Yang ia permasalahkan adalah penggunaan kata ‘Jamu’ yang kerap disebut sebagai Jamu Malaysia. Padahal kita ketahui bersama, kata jamu sendiri itu diambil dari bahasa Jawa yakni ‘Jampi Usodo’.

Untuk menghindari hal ini semakin meluas dan besar, Wanita yang juga menjadi Bos Mustika Ratu tersebut mengatakan telah meminta kepada Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi untuk mendaftarkan ‘Jamu’ sebagai salah satu warisan dunia ke UNESCO seperti apa yang telah dilakukan pada batik yang pernah sempat diklaim juga.

Ia juga mengaku telah menyampaikan hal tersebut kepada Pak Nasir selaku Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi) guna mengatasi hal ini dengan cepat. Ia berharap agar masalah ‘Jamu’ ini segera terselesaikan dan tidak menimbulkan polemik seperti yang sudah-sudah. (Arkha Satya – sisidunia.com)