Home » News » KPK Berencana Dirikan Tiga Kantor Cabang, Namun JK Kurang Setuju

KPK Berencana Dirikan Tiga Kantor Cabang, Namun JK Kurang Setuju



Jakarta – Rencana Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mendirikan tiga kantor cabang sekaligus di beberapa daerah mendapatkan respon positif dari wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Menurutnya sudah seharusnya KPK memiliki kantor cabang agar bisa bergerak cepat dalam menjalankan tugas.

Walau demikian, JK kurang setuju dengan wacana tiga kantir sekaligus, ada baiknya dicoba dulu satu per satu. Jika kantor cabang yang pertama dicoba sudah mulai sukses barulah membuka kantoir cabang satu lagi.

KPK Berencana Dirikan Tiga Kantor Cabang, Namun JK Kurang Setuju

“Iya biar diujicoba dulu satu atau dua. Jadi jangan langsung,” tegas JK di Kantor Wakil Presiden Jalan Medan Merdeka, Jakarta, Jumat (19/12/2014).

Ditanya kapan akan dilaksanakan rencana tersebut, JK hanya menjawab wacana itu hanya sebatan pembicaraan KPK saja. “Selain itu, DPR juga belum menerima laporan tersebut. Artinya, laporan masuk terlebih dahulu di DPR. Barulah bisa dibentuk calon anggota-anggota KPK di daerah dan mekanisme lainya,” tandanya.

Jika rencana KPK mendapatkan persetujuan dari DPR, JK juga memberi saran untuk pengawasan ketiga kantor tersebut. “Komisionernya kan ada di Jakarta, nah mereka kan bisa mengawasi di tiga daerah tersebut,” saran JK.

Namun jika tiga kantor cabang tersebut tidak diawasi secara langsung, dikawatirkan ketiga kantor tersebut menjadi daerah tempat mafia hukum. (Moch Asnan – www.sisidunia.com)