Home » Ekonomi & Bisnis » Bursa Asia Melemah Seiring Dengan Semakin Turunya Harga Minyak Dunia

Bursa Asia Melemah Seiring Dengan Semakin Turunya Harga Minyak Dunia



New York- Bursa Asia melemah seiring dengan aksi jual saham dunia setelah harga minyak global terus mengalami pelemahan. Disisi lain, nlai tukar yen terhadap dolar AS mengalami penguatan Setelah Perdana Menteri Shinzo Abe kembali dipercaya untuk memimpin Jepang.

Bursa Asia Melemah Seiring Dengan Semakin Turunya Harga Minyak Dunia

Dilansir SisiDunia.com dari laman Bloomberg, Indeks saham MSCI Asia Pasifik melemah 0,7 persen di perdagangan saham pukul 9.17 waktu Tokyo. Hal tersebut merupakan angka paling rendah sejak perdagangan pada 21 Oktober tahun ini.

Di ikuti pula oleh indeks saham Jepang Topix yang melemah 1,4 persen setelah nilai tukar yen menguat. Tercatat nilai tukar Yen menguat 0,6 persen terhadap Euro dan dolar Amerika Serikat.

Tak hanya itu, indeks saham S&P/ ASX Sydney juga tergerus 1,1 persen yang dibarengi dengan melemahnya dolar Australia 0,2 persen. Dan indeks Korea Selatan Kospi juga demikian, anjlok sebesar 0,9 persen.

Melemahnya indeks saham yang ada di kawasan Asia tersebut berbarengan dengan semakin turunya harga minyak mentah dunia. harga minyak jenis West Texas Intermediate melemah 2,4 persen menyentuh level US$ 56,3/ barelnya. Hal tersebut merupakan penurunan secara beruntun selama empat hari terakhir ini.

Selama berminggu-minggu ini para pembuat kebijakan organisasi pengekspor minyak OPEC enggan untuk memangkas produksi minyak mereka. para investor kini khawatir jatuhnya harga minyak hingga menyentuh level bawah ini merupakan kejala dari lemahnya permintaan global yang semakin kronis. (Arkha Satya – sisidunia.com)