Home » News » BNPB Ungkap Penyebab Terjadinya Longsor di Banjarnegara

BNPB Ungkap Penyebab Terjadinya Longsor di Banjarnegara



Jakarta – Longsor yang terjadi di Dusun Jemblung, Banjarnegara, Jawa Tengah, telah menyebabkan banyak korban jiwa dan rusaknya tempat tinggal masyarakat setempat. Mengenai peristiwa bencana alam itu, pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkap penyebab bencana longsor terkait.

BNPB Ungkap Penyebab Terjadinya Longsor di Banjarnegara

Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta, Senin (15/12/2014), mengatakan pihaknya telah melakukan analisa terkait sebab terjadinya bencana alam berupa longsor yang menerpa wilayah Dusun Jemblung, Banjarnegara, Jawa Tengah.

“Material penyusun Bukit Telagalele adalah endapan vulkanik tua. Sehingga solum tanah tebal dan ada pelapukan,” ujar Sutopo Purwo Nugroho. Kapus Data Informasi dan Humas BNPB itupun menyebut lereng Bukit Telagalele memiliki kemiringan melebihi 60 persen, dimana pusat longsor berada dikemiringan 60 hingga 80 persen.

Disampaikan pula wilayah longsor di Banjarnegara, tepatnya bukit, terdiri dari berbagai tanaman semusim dan tahunan yang tidak memiliki kerapatan cukup. Disamping itu semua, ancaman terjadinya bencana terkait semakin tinggi ketika hujan turun dengan intensitas tinggi dimana kejadian itu dinilai sejatinya bisa dihindari jika saja terdapat pepohonan dibagian permukaan. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)