Home » Ekonomi & Bisnis » Tahun 2015, Sepeda Motor RI Akan Tembus Eropa

Tahun 2015, Sepeda Motor RI Akan Tembus Eropa



Jakarta- sepeda motor yang diproduksi di dalam negeri pada tahun 2015 nanti akan merambah pangsa pasar eropa. Kawasan Eropa merupakan pasar baru bagi industri sepeda motor yang diproduksi dalam negeri. Terlebih untuk jenis bebek dan skutik.

Tahun 2015, Sepeda Motor RI Akan Tembus Eropa

Gunadi Sindhuwinata selaku ketua Asosisi Sepeda Motor Indonesia (AISI) menjelaskan, di awal tahun 2015 nanti ada sekitar 2 ribu unit sepeda motor akan diekspor kenegara-negara Eropa seperti Belanda, Inggris, dan negara eropa lainya.

Lebih lanjut ia menuturkan, targetan tersebut merupakan terobosan baru untuk pasar industri roda dua. Karena selama ini pasar Eropa lebih cenderung melirik segmen motor sport.

Gunadi juga menyatakan, motor kecil seperti motor bebek dan sekutik kini mulai disukai di daratan Eropa karena selain simpel juga irit bahan bakar. Kendati ekspor motor ruda dua ke Eropa merupakan sebuah trobosan, namun diprediksikan belum akan memberikan banyak kontribusi terhadap ekspor sepeda motor di tanah air.

Selain jenis motor bebek dan sekutik, jenis motor sport 250 cc dan 400 cc juga akan merangsek menjadi andalan ekspor sepeda motor. Hal ini karena beberapa pabrikan motor sport yang ada di Eropa di pindah ke Indonesia.

Untuk produksi motor yang sudah di pindah dari Eropa ke Indonesia diantaranya adalah Yamaha dan Kawasaki. Ini karena biaya produksi yang ada di Eropa lebih mahal jika dibandingkan di Indonesia, terutama untuk ongkos pekejanya. (Arkha Satya – sisidunia.com)