Home » Ekonomi & Bisnis » Petronas Akan Keruk Minyak RI Lebih Banyak di Tahun 2015

Petronas Akan Keruk Minyak RI Lebih Banyak di Tahun 2015



Kuala Lumpur- turunya harga minyak dunia tidak membuat perusahaan minyak dan gas asal negeri Jiran Malaysia Petroliam Nasional Bhd (Petronas) untuk menurunkan produksi minyaknya. Bahkan Petronas berniat untuk meningkatkan produksinya dari blok yang dikelolanya di Indonesia pada tahun 2015 nanti.

Petronas Akan Keruk Minyak RI Lebih Banyak di Tahun 2015

Hazli Sham Kassim selaku Country Chairman menjelaskan, saat ini perseroan tengah membidik produksi minyak dan gas dari Indonesia sebanyak 35 ribu barel/ hari, atau naik sekitar 31 ribu barel/ hari.

Lebih lanjut ia memaparkan, pertumbuhan 31 ribu barel/ hari tersebut akan diperoleh dari Blok Ketapang dengan pengeboran sumur yang lebih banyak dari rencana sebelumnya yakni 3 sumur.

Petronas sendiri mulai masuk dan merambah bisnis hulu migas yang ada di Indonesia sejak tahun 2000. Hingga kini, petronas memiliki hak partisipasi pada 9 blok migas yang ada di tanah air yang meliputi 3 blok produksi, 4 blok tahap eksplorasi, dan 2 blok dalam tahap pengembangan.

Dalam upayanya pengembangan blok-blok tersebut Petronas melakukan kerja sama dengan Pertamina, Petro China, atau dengan Exxon Mobil.

Turunya harga minyak dunia diperkirakan Hazil akan menekan keuntungan dari produksi. Namun, sisi positifnya biaya untuk peralatan pengeboran migas juga turun. Selain bermain di hulu, Petronas di Indonesia juga bermain di sektor hilir yakni dengan ikut memasarkan bahan bakar minyak dan produksi pelumas. (Arkha Satya – sisidunia.com)