Home » Ekonomi & Bisnis » Rupiah Termasuk Dalam Mata Uang Paling Tidak Berharga di Dunia

Rupiah Termasuk Dalam Mata Uang Paling Tidak Berharga di Dunia



Jakarta- hingga saat ini, mata uang internasional yang digunakan oleh PBB sebanyak 180 mata uang. Dari jumlah tersebut, dolar Amerika Serikat masih menjadi mata uang acuan yang dijadikan patokan nilai tukar mata uang asing lainya.

Rupiah Termasuk Dalam Mata Uang Paling Tidak Berharga di Dunia

Dengan kaitanya dolar Amerika Serikat, terdapat mata uang yang nilai tukarnya lebih tinggi. Seperti mata uang uero yang dipergunakan oleh banyak negara bagian eropa. Dan untuk mata uang lainya, kebanyakan memang berda di bawah nilai tukar dolar Amerika Serikat.

Bahkan, beberapa mata uang memiliki nilai tukar yang sangat rendah terhadap dolar AS. Dari sinilah timbul istilah mata uang sampah yang mengacu terhadap nilai tukar yang memiliki rentan yang sangat jauh terhadap dolar AS.

Data dari The Richest memaparkan, terdapat 15 mata uang yang memiliki nilai tukar paling rendah terhadap mata uang dolar AS. Tragisnya, mata uang rupiah dari Indonesia masuk kedalam salah satu mata uang sampah tersebut.

Menurut data tersebut, Indonesia berada pada posisi ke 4 sebagai negara yang memliki mata uang dengan nilai tukar terendah di dunia. hingga saat ini, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS masih menembus angka Rp 12.467 per dolar Amerika Serikat. (Arkha Satya – sisidunia.com)