Home » Ekonomi & Bisnis » Penyaluran Kredit Melambat Karena BI Rate Melambat

Penyaluran Kredit Melambat Karena BI Rate Melambat



Jakarta- naiknya suku bunga acuan atau biasa disebut dengan BI Rate 25 basis poin (bps) berakibat pada berlangsungnya penyaluran kredit bank. Hal tersebut dapat dilihat dari survai Bank Indonesia yang menunjukan pelaku dari para industri bank yang menurun ekspetasinya penyaluran kredit triwulan ke-4 2014.

Penyaluran Kredit Melambat Karena BI Rate Melambat

Marlison Hakim selaku Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kantor Wilayah Jateng menjelaskan, survai yang dilakukan terhadap perbankan memberikan gmbaran kepada kita bahwa 59,1 persen responden menurunkan ekspetasi terhadap penyaluran kridit.

Dari hasil tersebut juga menunjukan ekspetasi penyaluran kridit yang meningkat sebesar 22,2 persen. Angka itu sedikit lebih rendah apabila dibandingkan dengan pendistribusian kredit triwulan sebelumnya.

Ekspetasi terhadap perekonomian Jawa Tengah di triwulan ini, memberikan tanda akan ada pengaruh terhadap kinerja Bank secara umum untuk menetapkan target dari penyaluran kridit.

Adapun penyaluran kredit baru triwulan tersebut akan diarahkan pada kredit konsumsi, kredit investasi, dan kridit modal kerja dengan penyaluran kredit sebesar 16,2 persen, 5,4 persen, dan 78,4 persen.

Dari survai yang dilakukan itu, terlihat pula ketatnya persaingan usaha serta kondisi perekonomian yang belum stabil secara penuh, bank umum lebih cenderung untuk menyalurkan kredit dengan tenggang jarak waktu yang pendek

Marlison juga menjelaskan, hal tersebut dikarenakan secara universal kredit jangka pendek mempunyai resiko yang dapat terbilang cukup rendah. (Arkha Satya – sisidunia.com)