Home » Ekonomi & Bisnis » IHSG Hari Ini Terjungkal Karena Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI

IHSG Hari Ini Terjungkal Karena Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI



Jakarta- laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan kembali mengalali tren pelemahan secara terbatas di perdagangan saham hari ini, Rabu (10/12/2014). Beberapa sentimen negatif diperkirakan akan membayangi laju dari IHSG.

IHSG Hari Ini Terjungkal Karena Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI

Andri Goklas analis ekonomi dari PT Oso Securities menjelaskan, hal tersebut terjadi karena pertumbuhan ekonomi RI yang mengalami perlambatan pada 2014 – 2015. ia juga memaparkan bahwa prediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada akhir tahun 2014 turun menjadi 5,1 yang sebelumnya 5,2. Sedangkan pada tahun 2015 diprediksikan pertumbuhan ekonomi RI 5,6 dan 5,2.

Andri menganggap adanya pelemahan pada perdagangan saham kali ini juga didorong oleh melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar, selain itu adanya kekhawatiran adanya perlambatan ekonomi global juga sedikit banyak mempengaruhi indeks saham.

Di perdagangan kali ini, Andri memberikan gambaran IHSG akan berada pada level support 5.098 sementara untuk level resistancenya adalah 5.175.

Untuk saham yang direkomendasikan Andri memilih saham PT Bank Rakyat Indonsia Tbk (BBRI), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), dan PT Astra International Tbk (ASII).

Sedangkan menurut riset PT Sianarmas Sekuritas memaparkan, IHSG akan bergerak pada kisaran level 5.107 – 5.150 pada perdagangan hari ini. Terdapat sejumlah sentimen global yang mempengaruhi pergerakan IHSG seperti China yang akan merilis data inflasi November. (Arkha Satya – sisidunia.com)