Home » Ekonomi & Bisnis » Bank Indonesia, Suku Bunga Acuan Diprediksi Akan Naik Awal Tahun

Bank Indonesia, Suku Bunga Acuan Diprediksi Akan Naik Awal Tahun



Jakarta – Usai pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak, Bank Indonesia melakukan Rapat Dewan Gubernur yang memutuskan menaikkan suku bunga (BI Rate) 25 basis poin. Gubenur Bank Indonesia dan jajaran Deputi Gubernur BI melakukan Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulanan hari ini yang rencananya membahas mengenai suku bunga pada tahun mendatang yang sebentar lagi akan meninggalkan tahun 2014.

Bank Indonesia, Suku Bunga Acuan Diprediksi Akan Naik Awal Tahun

Sementara itu dilansir dari berbagai sumber, Kamis (11/12/2014) pengamat ekonomi, Aviliani memprediksi bahawa BI tetap mempertahankan suku bunga di kisaran 7,75 persen. Hal ini dikarenakan infalsi tahun ini diperkirakan tidak sampai 8 persen. Selain itu pengamat lain mengemukakkan bahwa kenaikan suku bunga acuan ini harus melihat perkembangan ekonomi global pada tahun depan mengingat respon dari adanya kenaikan suku bunga dari The FED.

Banyak pengamat menilai bahwa kenaikan suku bunga (BI rate) akan terjadi antara bulan Januari hingga Juni 2015 Bank Indonesia berpontensi untuk menaikkan suku bunga. Kenaikkan sendiri diprediksi pada kisaran 25 basis point sampai dengan 50 basis point, sementara saat ini BI rate sudah berada pada level 7,75 persen.

Hal tersebut tidak terlepas dari tinjauan Bank Indonesia terhadap kenaikkan yang juga akan dilakukan Bank Sentral Amerika. Hal ini mengacu pada ekonomi dunia saat ini masih mengalami kelesuan dimana harga minyak mentah dunia masih dikisaran di bawah 70 barel per dollar. Jadi Bank Indonesia akan meninjau seberapa besar kenaikkan yang akan dilakukan oleh The Fed dalam menaikkan suku bunga acuan di negara Adidaya tersebut. (fauji nur – sisidunia.com)