Home » Ekonomi & Bisnis » Impor Teh Terus Meningkatkan Hasil Positif Adanya Program Buying Mission (BM)

Impor Teh Terus Meningkatkan Hasil Positif Adanya Program Buying Mission (BM)



Jakarta – Kementerian Perdagangan telah mampu meningkatkan nilai kontrak penjualan teh dengan adanya program buying mission (BM) hingga US$ 1,36 juta. Sepanjang tahun 2014, program buying telah berhasil meningkatkan nilai kontrak dari berbagai jenis produk menjadi US$ 50,6 juta.

Impor Teh Terus Meningkatkan Hasil Positif Adanya Program Buying Mission (BM)

Saat ini Menteri Perdagangan telah memfasilitasi kedatangan pembeli asal Malaysia, yakni Kong Wooi Fong (KWF) Tea Merchants Sdn. Bhd. yang saat ini tengah membuat kontrak pembelian komoditas teh dari bermacam PTPN hingga sebesar US$ 1,36 juta. KWF Tea Merchants Sdn. Bhd. adalah salah satu importir besar untuk produk teh dari Malaysia yang sudah 80 tahun berkiprah.

Produk teh dari perusahaan importir tersebut di Malaysia dipasarkan dengan merek Montea dan MonTeh. Pencapaian ini adalah hasil dari kerja sama dengan perwakilan Kementerian Perdagangan di luar negeri, Atase Perdagangan dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) dalam program buying semenjak program ini diluncurkan.

Sebelum adanya program buying ini, setidaknya ekspor teh di Indonesia terus meningkat, meski di era awal program buying ini diadakan sempat menurunkan ekspor. Namun itu dianggap sebagai awal penggenjot keberhasilan saat ini.

Menurut data yang kami dapat, ekspor teh ke Malaysia dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan, dengan adanya bukti pertumbuhan positif 5,5% selama lima tahun terakhir ini. Dan juga pada periode Januari hingga September 2014, Malaysia ialah negara penyerap terbesar produk teh dari Indonesia hingga US$ 13,9 juta yang akhirnya mampu memberikan kontribusi sebesar 13,5% terhadap keseluruhan ekspor dari produk teh Indonesia. (Arkha Satya – sisidunia.com)