Home » News » Tindak Tegas, TNI AL Tenggelamkan Kapal Asing di Perairan Riau

Tindak Tegas, TNI AL Tenggelamkan Kapal Asing di Perairan Riau



Jakarta – Hari ini, rencananya Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) akan menenggelamkan kapal asing di perairan Anambas, Kepulauan Riau. Kapal yang berjumlah 3 unit ini memakai bendera negara Vietnam dan secata ilegal telah memasuki wilayah perairan di Indonesia.

“Persiapan sudah dilakukan sejak tadi pagi di lokasi, hanya tidak tahu apa sudah dilakukan atau tidak. Ada tiga kapal yang rencananya ditenggelamkan hari ini, semuanya dengan bendera Vietnam,” tegas Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut Laksma Manahan Simorangkir, ketika dihubungi, Jumat (5/12/2014).

TNI AL Tenggelamkan Kapal Asing di Perairan Riau

Simorangkir juga menjelaskan, untuk membuat efek jera terhadap aksi pencurian ikan di peraian Indonesia, ketika kapal yang sudah disita menjadi milik negara ini akan ditenggelam. Hal ini juga atas instruksi Pemerintah.

“Kami lakukan penangkalan supaya orang kapok dan tidak mencuri lagi, supaya orang tidak lagi seenaknya masuk ke wilayah laut kita,” tambah nya.

Pihaknya juga yakin, dengan penenggelaman kapal asing ini tidak akan merenggangkan hubungan Indonesia dengan negara tetangga. Walaupun sempat ada protes, namun akhirnya mereka memahami aturan dari Pemerintah Indonesia.

Baca Juga:

“Sehingga kami yakin, karena ini sudah sesuai hukum, mereka mengerti. Tak akan berpengaruh, hubungan kita akan baik-baik saja dengan negara lain,” tandasnya. (Moch Asnan – www.sisidunia.com)