Home » News » Inilah Ekspresi Sedih ABK Vietnam Ketika Kapalnya Diledakkan Oleh TNI AL

Inilah Ekspresi Sedih ABK Vietnam Ketika Kapalnya Diledakkan Oleh TNI AL



Jakarta – Ancaman Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, untuk menenggelamkan kapal pencuri ikan ternyata bukan isapan jempol. Siang ini 3 kapal ikan Vietnam diledakkan di perairan wilayah Pulau Anambas, Kepulauan Riau, Jumat (5/12/2014).

Inilah Ekspresi Sedih ABK Vietnam Ketika Kapalnya Diledakkan Oleh TNI AL

Ketiga kapal tersebut diledakkan dengan senjata dari Kapal Navigasi Bintang Laut 4801 oleh Satuan Kopaska Koarmabar. Para nahkoda dan ABK kapal tersebut sudah lebih dulu dievakuasi ke KRI Barakuda-633.

Aksi peledakan tersebut dikawal oleh KRI Sultan Hasanuddin, KRI Barakuda-633 dan KRI Todak-631. Ada juga helikopter yang berputar-putar di sekitar lokasi untuk memantau. Beberapa anggota TNI AU dari KRI Barakuda-633 memantau di 2 sekoci.

Melihat kapalnya diledakkan, wajah para pria yang didominasi usia sekitar 35-40 tahun itu terlihat sedih. Mereka semua berbincang dengan bahasa Vietnam. Salah seorang dari mereka tampak menyeka matanya dengan tangan.

Ketiga kapal tersebut diledakkan karena mencuri ikan di perairan Indonesia. Sebelumnya presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memang menginstruksikan aparat agar menembak dan meledakkan kapal-kapal asing yang mencuri ikan di Tanah Air. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)